Tips Aman Berkendara dengan Mobil Matic Bersama Keluarga

Mengendarai mobil tak hanya soal kemahiran saja, ada tips agar berkendara tetap aman dan nyaman, terutama jika berkendara bersama keluarga. Dengan berkendara secara aman, pengemudi juga bisa mengurangi presentase kecelakaan di jalan.

Sebelum berkendara, pengemudi harus memastikan bahwa mobil yang digunakan, baik matic atau manual, layak dipakai. Pahami pula bagaimana karakter dan jenis mobil tersebut, sehingga proses mengemudi bisa berjalan lebih mudah dan tanpa halangan.

Tips Berkendara Mobil Matic Toyota dengan Benar

Ada banyak jenis mobil di pasaran, tapi mobil matic jadi yang paling banyak digunakan karena terkenal lebih praktis. Berkendara aman dengan mobil matic seperti Toyota Avanza sebenarnya tak sulit, berikut panduannya.

1. Jangan Injak Gas Berlebihan

Karena menggunakan sistem matic, pengemudi tidak disarankan menginjak pedal gas secara berlebihan. Bukan berarti tidak boleh dilakukan, pengemudi tetap bisa melakukannya dengan frekuensi yang jarang. Jika berlebihan, mobil matic bisa jadi bolos BBM dan permukaan ban cepat aus.

2. Pastikan BBM Terisi Penuh

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan di jalan, pastikan BBM sudah terisi penuh sebelum berangkat. Jika memang ingin membeli di tengah perjalanan, perkiraan pom bensin yang ingin dituju dan perkiraan apakah BBM sampai kesana.

3. Rileks selama Berkendara

Tips berkendara aman berikutnya adalah mengemudi dengan rileks, terutama di bagian kaki kiri. Selama menggunakan mobil matic, rilekskan kaki kiri dan biarkan kaki kanan yang bekerja. Jangan gugup selama berkendara, sebab bisa membuat fokus mengemudi pecah.

4. Pakai Mode Berkendara

Jika mobil yang digunakan memiliki mode berkendara, jangan ragu untuk menggunakannya. Dengan memakai mode berkendara atau mode ekonomis, pengalaman berkendara akan jauh lebih nyaman. Hal yang sama jika sedang terburu-buru, alihkan mode berkendara menjadi mode sport.

5. Tekan Pedal Rem saat Memindahkan Tuas

Ketika mesin mobil Toyota Avanza atau mobil matic yang digunakan sudah menyala, sebaiknya tekan pedal rem ketika hendak memindahkan tuas. Cara ini direkomendasikan untuk mencegah kemungkinan terjadinya kerusakan di mobil matic tersebut.

6. Injak Pedal Rem saat Starter

Beberapa jenis mobil mengharuskan pengemudinya untuk menginjak pedal rem agar bisa menyala. Tapi tak semua jenis mobil matic punya cara yang sama, jadi kenali mobil yang digunakan untuk menghindari ketidak nyamanan saat berkendara.

7. Patuhi Aturan Lalu Lintas

Mematuhi aturan lalu lintas tidak hanya untuk tips berkendara dengan Toyota Avanza saja, tapi juga untuk semua mobil matic yang lain. Perhatikan dengan seksama rambu lalu lintas yang ada di jalan dan taati semuanya. Melanggar aturan lalu lintas akan membuat pengguna jalan lainnya terganggu.

Mengemudi dengan mobil matic tidak sulit untuk dilakukan bukan? Pengemudi yang sudah terbiasa menggunakan mobil manual pasti tak akan kesulitan menggunakan mobil matic. Ingat untuk tetap merawat mobil, baik mesin dan komponennya agar senantiasa nyaman digunakan.