Oleh Oleh Pulau Tidung Murah dan Unik

Banyak oleh oleh pulau tidung yang bisa dibawa pulang untuk keluarga tercinta. Pulau Tidung adalah pulau yang berada di Kepulauan Seribu. Berlibur ke Pulau Tidung, rasanya kurang afdol jika tidak membawa oleh oleh Pulau Tidung. Apalagi dengan oleh olehnya yang sangat beragam, maka wajib dilakukan sebelum mengakhiri berwisata di sini.

Oleh Oleh Pulau Tidung 

Berburu oleh oleh di Pulau Tidung akan memberikan pengalaman yang sangat menyenangkan. Karena oleh olehnya tidak hanya berupa aksesoris saja, tapi ada makanan yang bisa Anda jadikan sebagai oleh oleh Pulau Tidung, beberapa diantaranya adalah:

1. Keripik Sukun Gegares

Pertama, Anda bisa menjumpai kerupuk sukun gegares yang tak biasa dari Pulau Tidung. Pembuatan keripik sukun berbasis home industri, membuat keamanannya terjamin karena dibuat tanpa perasa, pewarna, dan pengawet.

Setelah dimasak, keripik sukun gegares akan terasa sangat gurih dan kadang ada rasa manisnya, tapi hanya sedikit saja. Jadi, paling cocok dinikmati saat nongkrong bersama teman-teman.

2. Ikan Asin Bubuan

Ikan asin bubuan adalah ikan segar seperti ikan layang dan ikan cuek yang juga diolah dengan cara home industry.

Bubuan ini artinya ikan yang diasinkan dari wilayah sekitar Pulau Tidung. Per bungkus ikan asin bubuan dibanderol dengan harga Rp 15 ribu/ 100 g.

3. Puk Cue

Puk Cue adalah kerupuk yang terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan daging ikan segar. Tekstur kerupuk ini hampir mirip seperti empek-empek karena itulah banyak yang menyebutnya empek-empek Pulau Tidung.

Sebelum dimakan, kerupuk harus digoreng atau dikukus terlebih dahulu. Kemudian, kerupuk baru bisa dicocol ke bumbu kacang agar rasanya semakin nikmat dan lezat.

4. Kerupuk Ikan

Kurang lebih seperti kerupuk cue, kerupuk ikan pun terbuat dari campuran tepung sagu dengan ikan segar. Perbedaannya terletak pada potongan kerupuk ikan yang jauh lebih tipis.

Jadi, saat digoreng, kerupuk ikan cenderung lebih renyah dan tidak lembek dan lengket seperti kerupuk cue.

5. Kerupuk Ikan Tandes

Pulau Tidung memang sangat terkenal dengan berbagai varian kerupuk yang diolah dari ikan segar di perairan Pulau Tidung. Oleh oleh Pulau Tidung selanjutnya adalah kerupuk ikan tandes.

Kerupuk ikan tandes merupakan perpaduan dari tepung sagu dan ikan tongkol. Harga kerupuk ikan tandes lebih murah, per 100 g saja cukup dibayar dengan uang Rp 10 ribu. Selain enak, tentu saja kerupuk ikan tandes sangat bagus untuk mencukupi gizi tubuh Anda.

6. Aksesoris Khas Pulau Tidung

Seperti tempat wisata pada umumnya, Pulau Tidung juga menyediakan aksesoris khas Pulau Tidung yang bisa Anda bawa pulang dengan harganya yang sangat murah dan terjangkau.

Aksesorisnya bisa berupa bros, kacamata, gelang, cincin, kalung, sarung tangan, ikat pinggang bahan kain & kulit, ikat rambut, dan masih banyak lagi.

Rata-rata bahan yang digunakan untuk aksesoris ini beragam sekali. Ada yang dibuat dari plastik, kayu, perak, kerang dan lainnya.

7. Outfit Khas Pulau Tidung

Baju dengan gambar khas dari wisata adalah oleh oleh umum yang pastinya bisa Anda temukan di setiap tempat wisata. Begitu pun dengan baju Pulau Tidung yang juga memiliki gambar Pulau Tidung pada bajunya.

Anda bisa memilih baju yang bercorak maupun polos. Outfit lainnya yang bisa dibeli di sini adalah jogger pants, topi dan baju muslim pun juga ada loh.

Berburu oleh oleh Pulau Tidung akan lebih lengkap jika Anda ditemani oleh tour guide berpengalaman. Anda bisa mendapatkan fasilitasnya saat memesan paket wisata Pulau Tidung.