4 Tugas Desk Collection yang Perlu Kamu Ketahui

Nama desk collection sekilas hampir sama dengan debt collection. Sekilas keduanya memang hampir sama dimana punya tugas menagih hutang kepada debitur. Namun tugas desk collection secara keseluruhan ini berbeda dari debt collector.

Sesuai dengan namanya desk collection ini memiliki tugas menagih hutang melalui telepon. Jadi proses penagihan bukan datang secara langsung ke rumah debitur atau orang yang berhutang.

Jenis pekerjaan ini memiliki tugas khusus untuk mengingatkan debitur yang pembayarannya sudah jatuh tempo. Lalu apa saja tugas dari desk collection? Yuk simak ulasannya di artikel ini.

Tugas Desk Collection di Garda Penagihan

Desk collection memiliki tugas penting saat menagih hutang diantaranya sebagai berikut:

1. Mengecek Data Nasabah

Desk collection atau lebih dikenal deskcoll yang salah satu tugasnya untuk mengecek data nasabah. Umumnya setiap perusahaan yang bergerak di bidang kredit memiliki banyak deskcoll.

Pilihan tersebut dibutuhkan karena setiap hari perusahaan harus punya target untuk menagih hutang kepada nasabah. Jika jumlah nasabahnya banyak maka juga harus disesuaikan dengan deskcoll di perusahaan tersebut.

Setiap dari deskcoll ini akan diberikan daftar panjang para nasabah yang perlu dihubungi untuk penagihan hutang. Namun sebelum dihubungi, deskcoll harus cek data untuk mengetahui nasabah mana yang lebih dulu dihubungi.

Baca juga untuk seputar cari kerja di job vacancy melaka.

Umumnya nasabah yang dari sisi pembayarannya sudah jauh melebihi batas jatuh tempo maka akan dihubungi lebih dulu. Dalam pengecekan data ini deskcoll juga bertugas mengecek informasi nasabah mulai tanggal pinjaman, jumlah uang yang dipinjam dan yang lainnya.

2. Menagih Lewat Telepon

Sekilas mungkin tugas ini terlihat simpel karena tinggal menelpon nasabah yang meminjam begitu saja. Namun pada kenyataannya deskcoll juga harus menagih nasabah sesuai prosedur yang ada.

Maka dari itu sebelum ditelpon, mereka harus mencari informasi sedetail mungkin terkait nasabahnya. Sehingga mereka harus mengecek data awal mulai peminjaman, kapan pembayaran terakhir dan yang lainnya. Dengan informasi tersebut barulah deskcoll melakukan panggilan lewat telepon.

3. Membuat Surat Penagihan

Meski dikenal memiliki tugas menagih lewat telepon namun tugas dari deskcoll juga harus membuat surat penagihan. Jadi itu dibuat baik sebelum dihubungi atau setelahnya dan itu diberikan ke nasabah yang pembayarannya melebihi batas waktu yang ditentukan.

Umumnya desk collection akan mengutamakan mereka yang hutangnya besar dan jatuh temponya sudah lama. Ketika surat tersebut selesai dibuat maka mereka memberikannya ke bagian field collection. Bagian inilah yang tugasnya mengantarkan surat tersebut ke debitur yang jatuh tempo.

Pekerjaan desk collection bisa kamu cari juga di TrustJobMy.

4. Menyiapkan Laporan

Tugas lain yang tidak kalah pentingnya diantaranya mencatat setiap pembayaran nasabah. Mereka harus mencatat pembayaran tersebut secara realtime mulai dari tanggal, bulan dan jamnya.

Ketika proses tersebut sudah dilakukan maka akan dilaporkan ke pihak manajemen di perusahaan tersebut. Pencatatan ini dilakukan sebagai bentuk target mereka baik mingguan atau bulanan.

Sehingga semakin banyak yang membayar maka targetnya pun semakin tercapai dan posisinya bisa naik. Hal ini juga menunjukkan keahliannya dalam berkomunikasi dengan orang lain saat menagih hutang.

Jadi tugas desk collection secara umum memang melakukan penagihan hutang ke debitur melalui telepon. Proses penagihan ini dilakukan kepada nasabah yang jatuh temponya sudah lama dan jumlah dana yang dipinjam juga banyak.

Selain itu mereka juga bertugas untuk membuat surat penagihan dan mengecek data nasabah. Ketika debitur sudah berhasil membayar maka mereka akan mencatat secara realtime sebagai bentuk laporan ke pihak manajemen.