Cara Membuat Wajik Bandung Kacang Hijau

Cara Membuat Wajik Bandung Kacang Hijau

Bagaimana cara membuat wajik Bandung kacang hijau? Yuk simak resepnya disini. Wajik Bandung adalah salah satu jajanan populer yang berasal dari Bandung Jawa Barat. Di tengah banyaknya kuliner hits di Bandung, popularitas wajik ini masih sangat tinggi. Ketika berkunjung ke Bandung, kamu bisa menemukannya dengan mudah.

Cara Membuat Wajik Bandung Kacang Hijau yang Lezat

Selain bisa menemukannya di pasar-pasar kamu juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini bahan-bahan serta cara membuat wajik Bandung kacang hijau.

Bahan:

  • Kacang hijau 100 gram
  • Kelapa parut 1 butir
  • Gula pasir 500 gram
  • Agar-agar plain ½ bungkus
  • Garam 1 sdt
  • Daun pandan 1 lembar
  • Kertas roti secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

Proses pembuatan wajik Bandung kacang hijau tentunya cukup sederhana. Berikut adalah tahapan pembuatan wajik Bandung:

  1. Pertama silahkan mencuci bersih semua kacang hijau yang telah kamu siapkan
  2. Selanjutnya rebus kacang hijau tadi di panic sampai mendidih. Jangan lupa menambahkan daun pandan agar aromanya harus.
  3. Rebus kacang hijau tersebut sampai empuk dengan ciri lapisannya mekar seperti bunga. Jika sudah empuk nantinya air rebusan tersebut juga akan menyusut
  4. Matikan kompor.
  5. Siapkan wajan dan masukkan rebusan kacang hijau yang sebelumnya sudah direbus
  6. Dalam wajan tersebut tambahkan gula pasir, kelapa parut, sedikit garam serta agar-agar plain. Aduk semuanya hingga tercampur merata.
  7. Masak adonan tersebut menggunakan api kecil dan terus aduk. Hal ini untuk menghindari gosong di bagian dasar adonannya.
  8. Untuk pembuatan wajik Bandung ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam hingga mengental dan matang.
  9. Setelah semuanya matang silahkan angkat dan bungkus adonan ketika posisi masinghangat. Gunakan kertas roti yang sebelumnya sudah dipotong untuk membungkus adonan wajik tersebut. Untuk potongan kertas sendiri gunakan ukuran persegi 4 4x4 cm.
  10. Terakhir bungkus semua adonan sampai selesai.

Itulah tadi cara membuat wajik Bandung kacang hijau secara mudah. Tentunya nanti kamu bisa mengikuti semua proses pembuatan tersebut di rumah.