Perbedaan Yoga dan Senam Hamil yang Wajib Diketahui

Perbedaan Yoga dan Senam Hamil yang Wajib Diketahui

Olahraga yoga dan senam hamil memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil agar badan tetap sehat dan bugar setiap harinya.

Sayangnya, masih banyak orang yang menyalah artikan bahwa yoga dan senam adalah satu olahraga yang sama. Apakah benar demikian? Jika tidak, apa saja perbedaannya? Yuk, segera disimak penjelasannya di bawah ini.

Perbedaan Yoga dan Senam Hamil

Jika ini adalah baru pertama kalinya Anda mengandung, wajar saja masih bingung ingin memilih olahraga mana yang cocok. Contohnya, yoga dan senam hamil yang sama-sama bermanfaat untuk bumil. Agar tidak salah, ini beda kedua jenis olahraga tersebut.

1. Tujuan Utama

Tujuan Utama

Melakukan olahraga ringan seperti senam selama masa kehamilan, sebenarnya berfokus untuk membantu mempersiapkan tubuh bumil agar lebih mudah dalam proses bersalin. Selain itu, juga sekaligus mengatasi keluhan selama kehamilan, membantu meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik, dan meningkatkan energi.

Beda halnya dengan yoga yang justru lebih fokus untuk investasi kesehatan tubuh bumil selama kehamilan. Misalnya, melancarkan sirkulasi peredaran dara, melatih pernapasan, membantu proses persalinan lebih tenang dan lancar, dan memperbaiki postur tubuh.

Jadi, secara tidak langsung, senam hamil ini juga mempersiapkan mental dan fisik bumil dalam menghadapi persalinan. Sedangkan, yoga hanya pengolahan stamina saja.

2. Waktu Dilakukannya

Waktu Dilakukannya

Sudah tahukah kapan sebaiknya senam dan yoga hamil ini dilakukan? Jika tidak tahu, jangan berani lakukan sendiri tanpa adanya bantuan dari orang yang sudah ahli.

Contohnya saja, senam hamil lebih disarankan dilakukan saat kehamilan sudah berusia di atas 26 minggu. Sementara itu, yoga hamil boleh dilakukan di atas 20 minggu kehamilan.

3. Gerakan

Gerakan

Karena dari tujuan saja berbeda, maka gerakan yang dilakukan juga berbeda. Senam hamil cenderung lebih dinamis, sedangkan yoga sedikit kaku dan kalem. Namun, jangan salah, terdengar seperti gerakan kaku, tapi sebenarnya yoga juga mengeluarkan banyak tenaga loh.

Oh ya, jangan lupa untuk menggunakan celana yoga wanita selama olahraga ini ya agar tetap nyaman. Sehingga, seluruh gerakan yoga dapat direalisasikan dengan baik.

Anda juga tidak bisa menyamakan senam bumil dengan senam orang biasa. Dikarenakan, gerakannya didominasi oleh peregangan ringan dan latihan pernapasan. Dimana, hal-hal seperti ini sangatlah dibutuhkan oleh bumil selama proses persalinan.

4. Biaya

Biaya

Meskipun yoga dan senam hamil sama-sama bertujuan untuk mempermudah proses persalinan ibu hamil, tapi dari segi biaya sangatlah berbeda.

Senam hamil bisa dilakukan sendiri di rumah. Sedangkan, untuk yoga lebih diutamakan mengikuti komunitas atau kelas tertentu. Yoga juga harus dilakukan di tempat yang khusus dan tidak terlalu banyak keramaian. Sehingga bisa lebih fokus dalam berolahraga.

Nah, itulah perbedaan antara yoga dan senam hamil. Kira-kira bumil lebih suka jenis olahraga yang mana nih?

Anda bisa memilih gerakan yang lebih mudah dan praktis dilakukan. Jangan malas untuk selalu mengulangi gerakan tersebut agar proses persalinan berjalan dengan lancar. Gunakan celana yoga wanita yang nyaman agar tidak salah gerakan ya!

Jika punya banyak waktu luang, tak ada salahnya untuk mencoba mengikuti komunitas yoga di luar rumah. Kadang, ada banyak loh edukasi tentang persalinan yang diberikan. Mungkin saja, ini bisa jadi solusi yang tepat agar Anda tidak cemas saat persalinan sudah dekat.