Sunat Perempuan Menurut Kesehatan

Sunat merupakan salah satu tradisi yang dilakukan di Indonesia yang mempunyai dampak kesehatan yang bisa dirasakan. Akan tetapi perlu diingat bahwa sunat bagi perempuan tidak sama pada lelaki. Di mana apabila dilakukan pada laki-laki, hal tersebut bisa memberikan manfaat kesehatan yang dirasakan seperti pencegahan penyakit menular seksual dan membuat alat kelamin yang menjadi lebih bersih dan menghindari resiko infeksi dan banyak lainnya.

Hal tersebut berbeda dengan sunat perempuan yang justru menurut medis merupakan hal yang tidak bagus. Sunat yang dilakukan pada bayi perempuan dikenal juga dengan mutilasi alat kelamin perempuan atau female genital mutilation. Di mana untuk dampak kesehatan yang dipunyai dari sunat untuk perempuan adalah:

  • Pertama adalah masalah kesehatan mental yang bisa memberikan trauma psikis hingga mengalami depresi.
  • Sunat yang dilakukan pada perempuan juga bisa menyebabkan terbentuknya kista.
  • Sunat ini juga bisa memberikan dampak pendarahan pada klitoris dan sekitar alat kelamin.
  • Sunat ini juga memberikan dampak gangguan berhubungan seks seperti mengalami nyeri, kesulitan penetrasi, penurunan lubrikasi, dan lainnya.
  • Sunat ini bisa memberikan dampak gangguan berkemih, gangguan persalinan, infeksi, dan masih banyak lainnya.

Di mana untuk sunat perempuan yang dipotong adalah sesuai dengan tipe yang dilakukan, yang terdiri dari:

  1. Tipe pertama adalah sunat yang dilakukan untuk memotong sebagian atau seluruh klitoris yang diangkat dan disebut juga dengan klitoridektomi.
  2. Tipe kedua adalah sunat yang mengangkat sebagian atau seluruh klitoris dan labia yang ikut diangkat.
  3. Tipe ketiga adalah sunat yang membuat lubang vagina lebih kecil dengan dijahit yang disebut infibulasi.
  4. Tipe keempat adalah sunat yang merusak alat kelamin wanita yang tujuannya bukan untuk medis.

Bagi sebagian masyarakat di Indonesia yang masih memberikan sunat bagi bayi perempuannya, sebaiknya tidak dilakukan lagi. Berbeda dengan untuk anak laki-laki yang memberikan dampak kesehatan baik yang dirasakan tidak seperti sunat pada bayi perempuan. Bahkan Anda juga bisa memilih tempat sunat untuk laki-laki yang bisa untuk mempunyai metode yang sudah tidak sakit lagi, menggunakan alat modern, dan bisa cepat sembuh seperti yang ditawarkan di klinik sunat Rusunda.