Rekomendasi Jam Makan Terbaik untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

Sumber Gambar: Freepik

Pada saat ingin menurunkan berat badan, kebanyakan orang hanya berfokus pada jenis makanan dan porsinya. Mulai dari jenis makanan sayuran, buah-buahan, serat, dan sebagainya, serta sedikit atau banyak kuantitasnya.

Namun, tahukah Anda bahwa waktu makan juga dapat memberikan dampak yang besar untuk menurunkan berat badan? Meskipun waktu makan terbaik setiap orang bisa berbeda-beda namun ada rekomendasi waktu terbaik untuk makan dari para ahli yang dapat menjadi rujukan.

Rekomendasi Waktu Makan Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Jika Anda selama ini memiliki waktu makan yang tidak teratur, baik karena kesibukan atau pun kemalasan, sebaiknya Anda mulai sekarang mengatur jam atau waktu makan secara lebih disiplin agar berhasil menurunkan berat badan.

Setidaknya, ada tiga titik poin jam makan yang bisa menjadi jadwal waktu makan harian Anda, yaitu waktu makan pagi (sarapan), makan siang, dan makan malam. Simak penjelasannya berikut ini.

Sarapan

Sarapan memiliki peranan yang penting untuk membantu proses diet Anda. Pasalnya, sarapan memungkinkan Anda memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas seharian dan menghindarkan Anda dari kecenderungan untuk makan terlalu banyak pada siang hari.

Waktu sarapan yang direkomendasikan oleh para ahli adalah 1 jam setelah bangun tidur, yaitu sekitar pukul 06.00 - 09.45. Dengan memberikan waktu 1 jam sebelum sarapan, dapat membantu tubuh mempersiapkan diri untuk mencerna makanan sehingga lebih efektif dalam membakar lemak yang berpengaruh pada proses penurunan berat badan Anda.

Ada beberapa jenis pilihan makanan yang tepat untuk sarapan yang dapat membantu menurunkan berat badan, di antaranya oatmeal, telur rebus, roti gandum panggang, dan lain-lain. Atau, bisa juga memilih Mie Jiwa Pagi sebagai variasi menu sarapan Anda.

Sumber Gambar: Website Pojok Rumahan

Mie Jiwa Pagi merupakan mie instan sehat tanpa MSG yang terbuat dari bahan sayur sehingga bisa juga digunakan untuk menu sarapan diet.

Di antara jam makan pagi dan makan siang, Anda dianjurkan untuk memakan camilan sehat seperti buah apel, yoghurt, kacang-kacangan, keju rendah lemak, dan lain-lain.

Makan Siang

Makan siang adalah waktu di mana jumlah makanan yang Anda konsumsi harus paling besar porsinya dibanding waktu sarapan dan makan malam. Hal itu untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan energi yang diperoleh dari makanan dan minuman untuk menunjang aktivitas pada siang hari.

Waktu makan siang yang tepat untuk menurunkan berat badan adalah pukul 12.00 - 13.00 atau setidaknya sebelum pukul 15.00. Pada waktu ini, pastikan Anda memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan kalori dan nutrisi harian agar tubuh  tetap berenergi dan terhindar dari dehidrasi.

Jangan sampai Anda melewatkan untuk makan siang karena hal itu akan mendorong Anda untuk makan lebih banyak di malam hari. Hal yang justru dapat menyebabkan pertambahan berat badan.

Jangan lupa juga untuk menyempatkan makan camilan sehat di antara waktu makan siang dan makan malam agar Anda tidak tergoda untuk makan berlebihan di malam hari.

Makan Malam

Jika Anda memiliki kebiasaan makan tidak teratur dan kerap makan di tengah malam, ada baiknya Anda menghentikan kebiasaan tersebut jika ingin mampu menurunkan berat badan dengan cepat. Pasalnya, ada batas waktu makan malam yang tidak boleh Anda langgar dalam proses menurunkan berat badan.

Jam makan malam yang direkomendasikan oleh para ahli adalah 2 sampai 3 jam sebelum Anda bersiap untuk tidur, yakni mulai pukul 17.00 hingga 20.00. Jadi, jika Anda berencana tidur pukul 22.00, maka Anda harus sudah makan malam pada pukul 19.00 atau 20.00.

Dengan begitu, tubuh akan mampu mencerna lemak dan gula dengan lebih efisien sehingga secara otomatis akan menurunkan berat badan Anda. Selain itu, makan malam 2 sampai 3 jam sebelum tidur juga dapat meningkatkan kualitas tidur sehingga lebih segar saat terbangun keesokan harinya.

Itulah jam makan atau waktu makan yang tepat menurut para ahli yang dapat membantu menurunkan berat badan. Jika Anda mampu secara konsisten mengatur pola makan Anda mengikuti jam makan tersebut, niscaya berat badan Anda akan turun dengan cepat dan tubuh juga lebih sehat.

Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan jenis makanan yang Anda makan dalam proses diet menurunkan berat badan. Makanan yang Anda konsumsi haruslah makanan yang sehat sehingga mampu memenuhi nutrisi harian tubuh secara tepat.

Agar tidak terkesan monoton dan itu-itu saja, Anda dapat memvariasikan makanan sehat Anda secara dinamis setiap harinya. Salah satu produk makanan sehat yang bisa menjadi pilihan dalam proses diet Anda adalah Mie Jiwa Pagi dari Kobe.

Mie Jiwa Pagi merupakan mie tanpa MSG yang memiliki cita rasa yang enak untuk mendukung pola makan terbaik Anda. Mie Jiwa Pagi terbuat dari bahan sayur dan mengandung vitamin A, B2, B9, zat besi serta zinc sehingga mampu memenuhi nutrisi harian Anda.

Tak hanya itu, makanan tanpa MSG ini juga dibuat tanpa melalui proses penggorengan hingga rendah lemak. Jadi cocok sekali untuk Anda yang memiliki gaya hidup sehat dan sedang menjalani proses diet.

Anda dapat beli Mie Jiwa Pagi di e-commerce Kobe Official Store atau di berbagai merchant favorit seperti di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan Bukalapak. Harga Mie Jiwa Pagi di pasaran juga relatif terjangkau yakni mulai dari Rp 5.500 di Tokopedia. Akhir kata, selamat mengatur jam makan harian Anda!