Mengenal Jenis-Jenis Bondek dari Materialnya

Bondek atau floordeck merupakan salah satu material yang umum ditemukan dan digunakan dalam pembangunan. Material yang berupa lembaran ini terbuat dari bahan alumunium atau galvanis dan digunakan untuk bahan plafon yang menggantikan triplek. Bahan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengecor lantai dua yaitu metal decking. Bahan ini mempunyai kelebihan yang didapatkan yaitu awet, tahan lama, lebih membutuhkan sedikit orang untuk memasangnya, tidak membutuhkan banyak tenaga kerja, tahan api, canggih, mempunyai tampilan modern, tahan karat, dan juga pengobat komposit.

Material ini mempunyai ukuran yang beragam dari dimensi, panjang, lebar, dan juga tebal yang dipunyai. Dengan ukuran yang beragam tersebut akan bisa disesuaikan dengan kebutuhan material untuk proyek yang dipunyai. Ukuran bondek yang dapat dipilih terdiri dari yang paling pendek adalah 3 meter. Tersedia juga ukuran lainnya yaitu 4 meter, 5 meter, dan juga 6 meter. Sedangkan untuk lebarnya juga bisa dipilih sesuai dengan variasi dan kebutuhan yaitu 60 cm, 70 cm, hingga 100 cm yang paling umum digunakan untuk pekerjaan.

Selain ukurannya, ketika akan memilih bahan ini juga dari jenisnya yang dibedakan dari material yang digunakan. Untuk jenis-jenis yang perlu dikenal dan bisa dipilih adalah:

  1. Galvanis merupakan jenis yang paling populer karena mempunyai harga yang paling murah sehingga tidak heran menjadi pilihan banyak orang.
  2. Aluminium merupakan jenis selanjutnya yang mempunyai keunggulan dengan bahan yang kuat dibandingkan bahan jenis logam lain. Jenis ini juga mempunyai keunggulan tahan karat, mempunyai kekuatan lebih besar tetapi bobotnya ringan, dan desain yang beragam.
  3. Tembaga merupakan pilihan yang mencolok dengan keunggulan untuk tampilan rumah lebih estetik.
  4. Seng merupakan pilihan selanjutnya yang harganya cukup mahal dengan tampilan atraktif dan tahan karat.
  5. Baja merupakan pilihan yang tahan api, tahan jamur, dan tahan rayap.

Bagi yang membutuhkan material yang satu ini bisa mendapatkan berbagai jenisnya dengan mudah di supplier besi dan baja Prima Bajaindo Sukses. Supplier ini menyediakan decking dari bahan galvanis yang digunakan sebagai plat lantai dan dimanfaatkan untuk penyangga tulangan permanen. PBS juga menyediakan berbagai ukuran yang tersedia dengan lengkap sehingga bisa memilihnya sesuai kebutuhan.