Sanitasi Adalah: Mengenal Prinsip Kebersihan Sanitasi

Kebersihan dapat diperhatikan dengan baik sehingga akan bisa mempengaruhi kesehatan tubuh dan memberikan lingkungan yang nyaman. Di mana ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menjaga kebersihan tersebut seperti dengan mencuci piring, cuci tangan dengan sabun, menyediakan tempat sampah, mencuci bahan makanan yang akan dikonsumsi terlebih dahulu, dan masih banyak lainnya. Kebersihan sanitasi adalah perilaku yang digunakan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga akan terhindari dari penyakit dan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan.

Arti sanitasi tersebut tentunya tidak bisa dilepaskan dengan kesehatan. Dengan mempunyai sanitasi yang bersih maka bisa membuat lebih nyaman dan juga menjaga tubuh sehat karena terhindar dari resiko penyakit yang disebabkan oleh sanitasi yang tidak terjaga kebersihannya. Kebersihan sanitasi dapat untuk menghilangkan kotoran, sampah, dan juga mencegah bau yang tidak sedap. Sanitasi yang bersih juga dapat menghindari virus, bakteri, hingga kimia yang dapat mengganggu kesehatan. Kebersihan sanitasi ini bisa diperhatikan dengan baik tidak hanya di sekitar tempat tinggal tetapi juga di tempat usaha.

Prinsip dan kegiatan yang dapat digunakan untuk menjaga kebersihan sanitasi tersebut adalah berikut ini:

  • Dapat untuk membuang sampah di tempatnya, sehingga penting untuk menyediakan tong sampah khusus sebagai tempat pembuangan sampah.
  • Dapat untuk membersihkan selokan dari berbagai sampah yang ada sehingga menjaga kebersihannya.
  • Dapat untuk melakukan kegiatan kerja baik yang dapat bergotong-royong untuk menjaga lingkungan tetap bersih.
  • Dapat menanam tanaman yang berfungsi untuk membuat udara tetap segar.
  • Dapat mengurangi pencemaran di lingkungan sekitar.
  • Untuk usaha dapat mempunyai sanitasi pembuangan limbah yang aman dan bersih sehingga bisa menghindari pencemaran yang bisa terjadi.

Upaya untuk mempunyai sanitasi yang baik diterapkan oleh usaha tersebut patut untuk mendapatkan penghargaan. Sehingga B20 Indonesia Sustainability mengadakan awards untuk memberikan apresiasi pada korporasi dan UKM yang mempunyai kontribusi dalam usaha yang berkelanjutan, termasuk juga pengelolaan air bersih dan sanitasi yang terjaga. B20 Indonesia Sustainability memberikan kategori penghargaan Clean Water&Sanitation Awards yang meningkatkan akses air bersih, mengurangi polusi, dan mengurangi limbah kimia yang dihasilkan. Daftar untuk mendapatkan penghargaan ini yang bisa dilakukan di B20 Indonesia Sustainability.