Daftar Makanan untuk Orang Tua yang Aman dan Sehat Dikonsumsi

Makanan untuk orang tua penting diperhatikan dan tidak boleh sembarangan. Orang tua rentan mengalami mengalami gangguan kesehatan dan kondisi medis yang mengharuskan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Inilah yang membuat perubahan pada sistem pencernaan, hormon, maupun selera makan pada orang tua. Oleh karena itu, orang tua membutuhkan asupan nutrisi harian yang cukup dari makanan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh maupun memberikan energi beraktivitas seharian. Apa saja makanannya? Berikut ini beberapa daftar makanan untuk orang tua yang aman dan sehat dikonsumsi.

8 Makanan untuk Orang Tua

1. Ikan dengan Kandungan Omega 3 Tinggi

Ikan dengan kandungan Omega 3 tinggi menjadi salah satu makanan untuk orang tua yang sehat dikonsumsi. Fungsi asam lemak omega-3 membantu menjaga kesehatan jantung, mengurangi peradangan, serta memperlambat penurunan fungsi kognitif pada lansia. Banyak jenis ikan Omega 3 tinggi yang aman dikonsumsi para orang tua seperti tuna, salmon atau mackerel. Jenis ikan ini sangat lembut cocok untuk orang tua.

2. Telur

Kandungan telur seperti vitamin D, vitamin B12, vitamin B2, folat, hingga zat besi sangat penting dikonsumsi orang tua. Makanan untuk orang tua ini mudah ditemukan di sekitar dan mudah dimasak. Agar rasa telur enak, cara  memasak telur yang baik dan benar harus diperhatikan dengan baik. Sayangnya, beberapa orang tua alergi telur jadi sebaiknya cek ke dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumi telur.

3. Daging Ayam

Tidak hanya telur, kadar nutrisi daging ayam juga sama tingginya seperti protein, vitamin B12, dan zat besi. Sama halnya telur, cara memasak daging ayam harus dilakukan dengan benar agar matang sempurna. Jika daging ayam belum matang tentu sangat berbahaya bagi kesehatan orang tua di rumah.

4. Kacang-Kacangan

Makanan untuk orang tua selanjutnya adalah kacang-kacangan seperti seperti kacang almond, kenari, atau kacang tanah. Kandungan kacang-kacangan terdiri dari serat yang tinggi, vitamin B6, kalsium, kalium, magnesium, serta rendah lemak jenuh. Karena tekstur kacang yang keras sebaiknya dihaluskan dulu sebelum dikonsumsi orang tua.

5. Buah-Buahan

Banyak buah-buahan yang sering dijadikan makanan untuk orang tua seperti pisang kiwi, strawberry, melon dan alpukat. Jenis buah-buahan ini mengandung tinggi serat, air, vitamin B6, vitamin C, serta magnesium agar tubuh orang tua tetap bugar. Manfaat dan fungsi kalium untuk orang tua untuk hipertensi dan membantu menjaga sistem pencernaan. Meski begitu, hindari buah dengan kadar gula tinggi bagi penderita diabetes.

6. Sayuran

Jenis sayuran yang bisa dikonsumsi orang tua adalah sayuran berdaun hijau, seperti bayam yang mengandung kalsium, zat besi, kalium, vitamin K dan vitamin C. Selain itu, tomat dan wortel juga penting untuk menjaga kesehatan orang tua. Lakukan cara pengolahan sayuran yang benar dan buat resep sayuran hijau yang aman dan enak dikonsumsi orang tua.

7. Susu

Saat ini sudah banyak produk susu yang bisa digunakan sebagai suplemen pelengkap makanan untuk orang tua, salah satunya Abbott Ensure. Kandungan susu Ensure ini terdiri dari Omega 3, Omega 6, Vitamin D, Vitamin C, Zinc, Selenium, Kalsium, dan nutrisi penting lainnya. Manfaat susu ensure untuk orang tua sangat banyak seperti meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat tulang, dan menjaga massa otot.

8. Makanan yang Mengandung Pati

Kentang, nasi, jagung atau gandum merupakan makanan-makanan yang mengandung pati bisa dijadikan makanan untuk orang tua. Makanan ini juga mengandung serat serta berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk orang tua. Pastikan memilih makanan berpati yang bertekstur lembut agar mudah ditelan orang tua.

Itulah daftar makanan untuk orang tua yang aman dan sehat dikonsumsi. Kesehatan orang tua adalah yang paling penting untuk dijaga. Asupan nutrisi harian seperti makanan sehat dan suplemen pelengkap seperti susu Ensure penting dikonsumsi. Untuk mendapatkan manfaat optimal, konsumsi Ensure 2 kali sehari bisa dalam kondisi hangat atau dingin. Cara konsumsinya cukup mudah, taruh 5 sendok takar Ensure ke dalam 200 ml air matang kemudian aduk secara merata. Ensure tersedia dalam dua rasa lezat, yaitu vanilla dan cokelat. Selain itu, Ensure rendah laktosa dan mengandung Triple Protein berupa perpaduan whey, kasein, dan soya yang mudah dicerna tubuh dan nyaman di perut. Selamat mencoba!