4 Kriteria Tempat Beli Domain Murah dan Terpercaya

TRENDING : CEK LINK VIDEO GISEL

Anda sedang berencana untuk membeli domain, namun masih bingung harus membeli di mana?

Saat ini jasa layanan penyedia domain memang semakin banyak. Tidak hanya bisa dibeli melalui penyedia hosting, namun domain juga bisa Anda dapatkan melalui reseller individual. Dengan adanya banyaknya pilihan tempat membeli domain, maka pembeli akan semakin dibuat bingung. Pasalnya, pilihan yang tersedia semakin beragam dan harga yang dipasang juga bermacam-macam. Jadi, bukan hal yang aneh lagi jika Anda kerap kali melihat banyaknya jasa layanan domain yang berlomba-lomba menawarkan promo.

Namun, selain masalah harga yang kerap jadi pertimbangan, membeli domain juga harus didasarkan faktor-faktor lain yang tidak kalah penting. Anda harus paham dalam mencari tempat yang terpercaya, termasuk fitur-fitur yang ditawarkan oleh penjual domain.

Nah, jika Anda masih bingung akan membeli domain di mana, pada artikel kali ini akan dijelaskan beberapa kriteria yang bisa Anda jadikan rujukan dalam memilih tempat membeli domain yang murah dan pastinya terpercaya. Berikut ulasannya.

4 Kriteria Tempat Beli Domain Murah dan Terpercaya

1. Terdaftar di ICANN

ICANN adalah singkatan dari Internet Corporation For Assigned Name and Numbers, di mana merupakan sebuah organisasi non-profit yang mengatur dan mengawasi penamaan nama domain yang dipakai oleh para pengguna internet di seluruh dunia.

Walaupun begitu, ICANN tidak melayani pembelian nama domain secara langsung. Pembelian domain justru harus dilakukan melalui registrar yang sudah mendapatkan akreditasi dari ICANN.

Registrar yang lolos akreditasi oleh ICANN biasanya merupakan perusahaan dengan kemampuan teknis yang baik, memiliki kekuatan finansial yang baik, serta memiliki manajerial yang rapi. Oleh karena itu, sebelum membeli domain, pastikan perusahaan yang Anda lirik sudah terdaftar di ICANN. Selain itu, perusahaan yang sudah terdaftar di ICANN juga menawarkan harga domain yang lebih murah.

2. Memiliki Proteksi Nama Domain

Seperti halnya hosting, nama domain yang akan Anda beli juga memerlukan perlindungan agar lebih aman. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi Anda untuk memilih tempat pembelian domain yang sudah dilengkapi dengan layanan proteksi. Layanan proteksi ini bertujuan Agar Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti perlindungan terhadap upaya pencurian nama domain, perlindungan pada DNS domain, mengunci domain agar tidak bisa sembarangan ditransfer, mengunci nama domain serta memastikan informasi yang berkaitan dengan domain tersebut tidak diubah oleh orang lain, dan lain sebagainya.

Selain hal-hal di atas, ada juga fitur berupa Whois Protection yang berguna untuk melindungi dan menyembunyikan data-data domain dari orang lain. Dengan adanya hal itu, data-data yang Anda isikan pada saat pendaftaran domain bisa disembunyikan dan dilindungi sehingga tidak mudah disalahgunakan orang lain.

3. Menyediakan Kontrol Penuh pada Domain yang Telah Dibeli

Kriteria lain yang perlu dipertimbangkan saat akan membeli domain adalah memilih tempat yang menyediakan kontrol penuh pada domain yang dibeli. Pastikan saat Anda membeli domain, Anda bisa mendapatkan akses penuh pada control panel domain sehingga bisa lebih mudah dalam mengubah nama server domain agar bisa dipasangkan pada hosting manapun yang Anda inginkan. Selain itu, pastikan juga jika nama domain yang Anda beli bisa dipindah atau ditransfer ke perusahaan atau registrar lain.

4. Add-on

Add-on adalah adalah fitur tambahan yang bisa Anda dapatkan saat membeli domain. Fitur Whois Protection merupakan salah satu contoh dari add-on. Namun, tentu masih ada fitur-fitur lain selain Whois Protection, misalnya email forwarding, DNS, dan lain-lain. Beberapa fitur add-on bisa Anda dapatkan secara gratis, namun ada pula yang berbayar. Meski begitu, pastikan saat Anda membeli domain, perusahaan penyedia domain tidak memasukkan secara otomatis fitur-fitur add-on ke dalam keranjang Anda.

Demikianlah kriteria yang perlu Anda perhatikan saat ingin memilih tempat membeli domain. Pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu. Pilih perusahaan yang sudah berpengalaman, terpercaya dan memiliki reputasi baik. Jika Anda adalah orang yang sangat waspada, Anda bisa memastikan apakah perusahaan yang menjual domain memiliki alamat fisik atau tidak. Dan hal yang tidak kalah penting adalah, perusahaan yang Anda pilih memiliki layanan teknis dan support 24 jam. Hal ini menjadi bahan pertimbangan karena Anda tentu tidak akan tahu apa yang akan terjadi pada domain yang Anda beli.

Jika Anda masih belum menemukan perusahaan yang terpercaya untuk membeli domain, Anda bisa mencoba jasa layanan dari Jetorbit. Jetorbit sebagai jasa penyedia hosting dan domain yang terpercaya di Indonesia menyediakan beragam promo hosting dan domain murah yang tentunya bisa menyesuaikan kebutuhan Anda. Jadi, tertarik meng-online-kan bisnis Anda bersama Jetorbit?