Perbedaan Honda Jazz GK5 dan GE8

Perbedaan Honda Jazz GK5 dan GE8

Meskipun saat ini Honda Jazz GK5 dan GE8 sudah tidak lagi dijual baru oleh Honda, namun popularitas dari kedua jenis Honda Jazz ini ternyata masih tinggi, terutama di kalangan muda-mudi. Honda Jazz adalah pelopor mobil berukuran ringkas dengan tipe hatchback yang pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2003. Terdapat tiga generasi dari Honda Jazz, yaitu GD3, GE8 dan GK5. Namun disini akan dibahas perbedaan dari Honda jazz generasi kedua GE8 dan generasi ketiga GK5, sebagai berikut.

1. Desain Eksterior

Desain Eksterior

Perbedaan signifikan dari Honda Jazz GE8 dan GK5 terletak pada desain eksteriornya. Honda Jazz generasi kedua GE8 memiliki tampilan yang lebih fresh, dengan ukuran yang lebih besar dari generasi sebelumnya. Desainnya sporty namun terkesan kalem bila dilihat dari lekukannya yang tidak terlalu tajam. GE8 juga sudah dilengkapi fitur rem cakram pada keempat rodanya.

Sementara desain eksterior Honda Jazz generasi terakhir GK5, cenderung mengalami 'kemunduran'. Tampilan eksteriornya terlihat makin sporty dengan lekukan yang tampak agresif, bahkan menambahkan lampu proyektor serta DRL Led. Adanya penambahan fitur, rupanya juga ada pengurangan fitur. Yaitu mengganti rem cakram dengan rem tromol di roda belakang.

2. Tampilan Interior

Berkebalikan dari tampilan eksteriornya, interior GE8 ternyata lebih sporty dilihat dari lekukan dashboard yang begitu tajam. Generasi ini memiliki warna speedometer oranye yang terkesan berani dan optimis. Fiturnya terbilang cukup sederhana, terdapat audio Kenwood yang dapat memutar berbagai format, pun tersedia slot aux dan USB.

Untuk GK5, interiornya terkesan kalem cenderung elegan dan futuristik. Warna speedometernya biru, dan memiliki fitur baru yang sebenarnya hanya gimmick. Salah satunya Head Unit yang tidak bisa memutar beberapa format tertentu.

3. Impresi Berkendara

Impresi Berkendara

GE8 dan GK5 memberikan impresi berkendara yang sangat berbeda. Pada GE8, feel berkendara cenderung keras dan suara bannya akan terdengar ke bagian dalam mobil saat mencapai kecepatan 40 km/jam. Sementara GK5 terasa lebih lembut dan interiornya sudah memiliki kekedapan suaran yang lebih baik. Hanya saja bila berkendara di atas 100 km/jam, setir GK5 akan terasa terlalu enteng karena sudah menggunakan eps.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan Honda Jazz GK5 dan GE8. Masing-masing generasi memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa dipertimbangkan sebelum membeli generasi yang diinginkan. Semoga bermanfaat.