Senin, 29 Maret 2021

Seperti Apa Struktur Organisasi di PT Mayora Indah Tbk? Ini Nama dan Jabatan

Seperti Apa Struktur Organisasi di PT Mayora Indah Tbk? Ini Nama dan Jabatan

Seperti Apa Struktur Organisasi di PT Mayora Indah Tbk? Ini Nama dan Jabatan
Rizki Indra Prasetyawan


Di Indonesia ada banyak perusahaan publik yang sudah terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia. Salah satu perusahaan tersebut adalah PT Mayora Indah Tbk yang memiliki kode MYOR. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan besar dan sudah sangat populer di Indonesia. Bagaimana tidak, hal ini dikarenakan produk-produk yang diproduksi sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia seperti biskuit, permen, wafer dan lain sebagainya. Lantas, bagaimanakah struktur organisasi Mayora?


Struktur Organisasi Mayora


Struktur organisasi merupakan sebuah garis hirarki atau bertingkat yang isinya mendeskripsikan komponen-komponen yang menyusun perusahaan. Setiap individu atau SDM yang terlibat dalam perusahaan memiliki posisi dan juga fungsi masing-masing. struktur organisasi yang tertata sesuai dengan fungsinya bisa membantu perusahaan menjadi lebih besar. Dibawah ini akan dibahas mengenai struktur organisasi Mayora berdasarkan data per 31 Desember 2018 :


1. RUPS


Setiap perusahaan pasti pernah mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Dimana RUPS yang diselenggarakan akan dihadiri oleh semua pemegang saham, baik yang sahamnya besar maupun kecil. Semua pemegang saham memiliki hak untuk menyampaikan pendapatnya dalam rapat ini.


RUPS yang diselenggarakan biasanya membahas tentang persoalan perusahaan yang berkaitan dengan evaluasi kinerja dan kebijakan perusahaan yang harus segera dilaksanakan. Hasil RUPS nantinya akan dilimpahkan ke dewan komisaris lalu akan diteruskan ke bagian direksi untuk dijalankan.


2. Dewan Komisaris


Dewan Komisaris dalam struktur organisasi perusahaan memiliki fungsi sebagai pengawas kerja dari jajaran direksi sebuah perusahaan. Dewan Komisaris juga memiliki wewenang dalam memeriksa pembukuan perusahaan serta menegur direksi, memberikan arahan dan juga memberhentikannya dengan cara menyelenggarakan RUPS. Dewan Komisaris PT Mayora Tbk dipegang oleh Hermawan Lesmana, Gunawan Atmadja, Suryanto Gunawan dan Anton Hartanto.


3. Direktur Utama


Direktur Utama merupakan orang yang memiliki wewenang dalam merumuskan maupun menetapkan suatu kebijakan serta program umum perusahaan sesuai dengan wewenang yang diberikan perusahaan. Direktur Utama memiliki tugas untuk mengkoordinir  semua kegiatan perusahaan di bidang kepegawaian, administrasi dan juga kesekretariatan.


Direktur utama juga bertugas untuk membuat rancangan pembelanjaan kekayaan perusahaan, mengendalikan pengadaan peralatan maupun perlengkapan, serta memimpin dan juga bertanggung jawab atas semua dewan atau komite eksekutif. Direktur Utama PT Mayora Indah Tbk adalah Andre Sukendra Atmadja.


4. Direktur


Posisi atau jabatan Direktur berada dibawah Direktur Utama. Dalam suatu perusahaan biasanya terdapat 3 sampai 6 direktur seperti direktur keuangan, direktur teknologi, direktur keuangan dan sebagainya. Direktur  memiliki tugas sesuai dengan bagian yang dipimpinnya. Selain itu juga memiliki wewenang untuk mengangkat, mengganti ataupun memberhentikan karyawannya. Dalam PT Mayora Indah Tbk ada 4 direktur, di antaranya:


a. Direktur Supply Chain


Direktur Supply Chain memiliki tanggung jawab untuk mengawasi dan juga mengelola keseluruhan rantai pasokan maupun strategi logistik serta operasi. Tujuannya untuk memaksimalkan efisiensi dan juga produktivitas proses. Direktur Supply Chain juga bertugas untuk menjalin dan menjaga hubungan baik dengan vendor maupun distributor. Direktur Supply Chain PT Mayora Indah Tbk dijabat oleh Hendarta Atmadja.


b. Direktur Operasional


Direktur operasional bertanggung jawab terhadap semua kegiatan operasional perusahaan. Tugas lain dari direktur operasional yaitu membantu tugas-tugas direktur utama, menyusun strategi dalam pemenuhan target perusahaan, bertanggung jawab dalam pengembangan kualitas produk maupun karyawan yang terlibat, dan sebagainya. Direktur Operasional PT Mayora Indah Tbk dijabat oleh Wardhana Atmadja.


c. Direktur Keuangan


Direktur keuangan memiliki tugas untuk mengatur keuangan perusahaan. Lebih spesifiknya direktur keuangan memiliki tanggung jawab dalam membuat laporan keuangan perusahaan, mengawasi laporan keuangan perusahaan, menyusun strategi dan juga meningkatkan pertumbuhan keuangan perusahaan, meminimalisir risiko keuangan yang merugikan perusahaan dan sebagainya. Direktur Keuangan PT Mayora Indah Tbk dijabat oleh Hendrik Polisar.


d. Direktur Pemasaran


Sedangkan direktur pemasaran memiliki tugas untuk mengatur proses pemasaran suatu produk yang dibuat atau diproduksi perusahaan. Direktur Pemasaran PT Mayora Indah Tbk dijabat oleh Muljono Nurlimo.


Bagian Lainnya :


Sekretaris Perusahaan : Andy Lauwrus Junih Gunawan

Unit Audit Internal : Hendra Kurniawan

Purchasing : Andrias E.Wahono

Teknologi Informasi : Rudy Handoyo Kosasih

Pemasaran : Ricky Afrianto

Keuangan dan Akunting : Roman Soentadjaya

HRD dan Personalian : Heri Soesanto

Legal : Julie Susanto

Manufacturing : Nurdin Lesmana


Nah itulah struktur organisasi Mayora yang perlu diketahui. Diharapkan setelah membaca pembahasan diatas menjadi lebih paham tentang struktur organisasi perusahaan PT Mayora Indah Tbk.

Seperti Apa Struktur Organisasi di PT Mayora Indah Tbk? Ini Nama dan Jabatan
4/ 5
Oleh